Proposal Kewirausahaan Bidang Kuliner WESTINDO
BAB I
EXECUTIVE SUMMARY
Makanan asli Indonesia merupakan
makanan yang harus kita coba terlebih dahulu sebelum makanan luar negeri. Jika
kita lebih menyukai makanan luar negeri, alangkah baiknya kalau kita mencoba
menyatukan bahan keduanya sehingga menjadi makanan yang enak dan pastinya tidak
kalah menarik. Tahukah anda bahwa tempe merupakan
makanan warisan nenek moyang indonesia ? tidak seperti halnya keju dan mie yang
merupakan makanan yang berasal dari eropa dan cina, tempe merupakan
makanan yang memang asli penemuan bangsa indonesia. Dan kita patut bangga,
karena tempe kini telah mendunia mulai
dari eropa , asia bahkan sampai ke Amerika. Selain itu tempe juga sering
dijadikan makanan pengganti daging karena nilai gizinya yang sangat
tinggi, tidak kalah dengan keju, tempe juga
memiliki nilai gizi yang tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Indonesia juga
kini menjadi produsen tempe terbesar di dunia. Walaupun awalnya tempe merupakan
makanan kelas bawah namun seiring perkembangan zaman, kini tempe menjadi
makanan yang berkelas dan mungkin menjadi makanan atau lauk wajib di rumah
anda. Tidak kalah dengan tempe, oncom juga memiliki kandungan gizi yang relatif
baik dan dapat menjadi sumber alternatif asupan gizi yang baik karena harganya
murah. Kandungan karbohidrat dan protein tercerna
cukup tinggi pada oncom dari bungkil kacang tanah. Selain itu, populasi kapang
diketahui dapat menekan produksi aflatoksin dari Aspergillus flavus yang
telah mencemari substrat (bungkil). Degradasi yang dilakukan oleh kapang
menyebabkan beberapa oligosakarida sederhana
seperti sukrosa, rafinosa, dan stakhiosa menurun
pesat kandungannya akibat aktivitas enzim α-galaktosidase
yang dihasilkan kapang (terutama N. sitophila). Hal ini
baik bagi pencernaan karena rafinosa dan stakhiosa bertanggung jawab atas
gejala flatulensi yang dapat muncul bila orang mengonsumsi biji
kedelai atau kacang tanah.
“Western Indonesia” yang mana kami
padukan antara makanan Barat dengan makanan asli Indonesia. Laporan ini juga
berisi, aktivitas kelompok kami dalam membuat produk ini yang terdiri dari dari
analisis SWOT. Kami memiliki beberapa perencanaan, salah satunya strategi
pemasaran perusahaan yang dilakukan berdasarkan analisa 4 P dan 4 W dengan alat
analisis WOT. Laporan penjualan dan laporan keuangan yang telah kami lakuakn
selama kami berwirausaha dengan produk kreasi kami, walaupun masih belum
maksimal.
Segmen pasar yang
dipilih dalam usaha ini secara umum masyarakat menengah ke bawah dan khusunya
segmen pasar Kami berada di sekitar pasar di mana banyak kalangan menengah dan ke
bawah yang pergi untuk belanja ke tempat tersebut. . Setelah
direncanakan secara cermat dan matang berdasarkan analisa pasar yang ada, lingkungan Pasar merupakan tempat yang sangat
potensial untuk membuka bisnis baru khususnya di bidang makanan/kuliner. Pada
umumnya semua kalangan , baik yang remaja maupun yang dewasa biasanya lebih
menyukai makanan ringan sebagai cemilan sehari-hari saat santai serta dapat
pula sebagai alternatif makanan ringan sebagai penunda lapar saat perut
kosong/tidak sempat sarapan saat beraktivitas di pagi harinya.
Usaha Kecil
Menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi
negara, baik negara berkembang maupun negara maju. Pada saat krisis ekonomi
berlangsung di Indonesia, UKM merupakan sektor ekonomi yang memiliki ketahanan
paling baik. Kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara terus
menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM, sehingga mampu
memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan kesejahteraan
masyarakat.
Seorang
wirausahawan (entrepreneur) adalah
seseorang yang memulai
dan membuat bisnis dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi
mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang
signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga
sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan. Dengan demikian wirausahawan
harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi tercipta suatu hal yang
berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup.
Dunia usaha dan
dunia industri saat ini sedang mengalami perkembangan yang kian pesat, terbukti
dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha
yang menarik, dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf
hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Namun hal diatas tidak
relevan dengan jumlah pengangguran di Indonesia yang tetap harus dikurangi.
Oleh karena itu, sebagai mahasiswa dan calon pengusaha sebaiknya menciptakan
lapangan usaha sendiri (job maker) ketimbang menjadi job seeker.
Salah satu
industri yang banyak diminati ialah industri makanan ringan. Perkembangan ini
disebabkan mulai dari tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan ringan
(kegemaran ngemil) dan keinginan masyarakat untuk menikmati berbagai rasa yang
berbeda yang ditawarkan dengan berbagai macam penampilan serta harga yang tidak
terlalu mahal sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat. Oleh karena itu, sebagai
pebisnis pemula (start up business) membuka bisnis makanan ringan merupakan bisnis yang tepat
untuk dikembangkan. Untuk itu, kami membentuk sebuah perusahaan bernama “WestIndo”.
WestIndo merupakan sebuah
perusahaan yang bergerak di bidang kuliner. Kami memproduksi dan
menjual makanan ringan (snack) sehat benilai gizi. WestIndo yang berarti perpaduan antara makanan Barat dengan
makanan Indonesia.
BAB II
PERNYATAAN
MISI
A.
Tujuan Perusahaan
Visi
dan Misi Perusahaan
Prinsip
Perusahaan : “Creative and Innovative”
Visi Perusahaan :
“Mewujudkan
Café WestIndo sebagai Indonesian Cafe yang bernuansa tradisional namun
berwawasan internasional dan serta menyajikan makanan sehat, halal,
berkualitas, dan terjangkau”
Misi Perusahaan :
1. Senantiasa
melakukan inovasi, kreasi, pengembangan, dan peningkatan produk sehingga
konsumen merasa puas,
2. Menjual
produk yang berkualitas dengan harga terjangkau namun dapat menghasilkan
keuntungan yang maksimal,
3. Melakukan pelayanan dengan baik,
4. Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis,
5. Meningkatkan ketrampilan karyawan dalam hal
berwirausaha
Tujuan
dari KAMI ini adalah:
1.
Mengembangkan produk
makanan ringan yang bernilai gizi khususnya bagi masyarakat pada umumnya.
2.
Merintis wirausaha baru
yang inovatif melalui usaha makanan ringan sehat yang
dapat membuat orang ketagihan
3.
Menumbuhkan jiwa
entrepreneur dan kemandirian kerja.
4.
Memberikan inovasi
kepada pengaguran untuk membuka wirausaha di bidang kuliner
B.
Identifikasi Produk
Perusahaan ini
bernama WestIndo yang mempunyai arti perpaduan Barat dengan Indonesia. Mengapa
WestIndo? Karena kami ingin mencoba memadukan rasa cita antara makanan luar
dengan dalam yang kami harapkan bias membuat orang Indonesia menyukainya.
C.
Gambaran Manajemen
Posisi ini ditempati oleh Pradika Dytasari. Dengan pertimbangan Ale memiliki kemampuan dalam membangun
motivasi para anggota dalam melakukan tugasnya, mempunyai pemikiran jangka
panjang, seorang yang visioner dan seseorang yang mampu menyatukan anggota.
BAB III
ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
Tabel 1.1 Analisis SWOT
Analisis SWOT
Analisis Lingkungan Internal :
1.
Strength
(kekuatan)
·
Makanan
yang memiliki cita rasa berbeda dari makanan yang sudah ada
·
Model bangunan yang mungkin berbeda dari café
yang sudah ada
·
Bahan
utama dari café Kami
adalah tempe, oncom, dan daging sehingga memiliki rasa yang tidak
diduga
·
Makanan yang dibuat berbahan baku yang berkualitas dan 100% halal.
·
Memiliki
cita rasa yang istimewa dan lezat.
·
Memiliki
harga yang terjangkau sehingga dapat di jangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.
·
Modal yang dibutuhkan terbilang terjangkau,
dan keuntungan pun juga bagus.
2.
Weakness(kelemahan)
·
Tempe dan oncom yang tidak bisa bertahan lama
·
Harga daging yang semakin menjulang tinggi
·
Proses
mengolah tempe
dan oncom juga sangat sensitif,
karena membutuhkan keahlian khusus
·
Harga coklat yang kami gunakan juga
berkualitas sehingga harganya juga mahal
·
Banyaknya produk sejenis dan tidak sejenis
yang menjadi competitor
·
Pengalaman yang minim, membuat kami harus
menetapkan standar pencatatan sebab, hal ini amat rentan untuk terjadi kelalain
(Sumber. Analisis. 2013)
OPPORTUNITIES (PELUANG)
|
|
1.
PERSAINGAN
Produk ternama
(Piscok Meler)
|
- Produk ternama yang juga menjadi tujuan dari
kami ini,
memotivasi untuk menetapkan standar yang berkualitas dengan harga yang
terjangkau
|
2.
PELUANG
PASAR
Akses dan
informasi pasar
Permintaan
pasar
Perilaku
pasar
|
- Permintaan pasar yang meningkat setiap harinya
-Akses dan informasi pasar yang mudah karena dikalangan
anak muda
- Perilaku pasar yang mendukung dan menerima produk
baru dengan baik
|
3.
KEMAJUAN
TEKNOLOGI
Perkembangan
teknologi
|
- Mempermudah dalam pemasaran dan produksi
(mudahnya untuk mengakses jejaring sosial).
|
4.
BAHAN
BAKU
Harga
bahan baku
|
- Harga bahan baku relatif murah
|
(Sumber. Analisis. 2013)
THREATS (HAMBATAN)
|
|
1.
PERSAINGAN
Persaingan
untuk usaha sejenis
|
- Persaingan untuk usaha sejenis seperti Mc.D, AW, Pizza Hut yang masih merajalela di kalangan anak muda
|
2.
PEMODALAN
Tingkat
suku bunga kredit
|
- Tingakat suku bunga kredit yang tinggi, jika kami
ingin mengemangkan usaha.
|
3.
KEBIJAKAN
PEMERINTAH
Peraturan
pemerintah
|
- Peraturan pemerintah yang mengharuskan ada label
halal dari MUI pada setiap produk makanan
|
4.
KEMAJUAN
TEKNOLOGI
Perkembangan
teknologi produksi
|
- Tidak adanya dana untuk membeli mesin teknologi modern pada proses
produksi, sehingga kapasitas produksi terbatas
|
5.
TENAGA
KERJA
Ketersediaan
tenaga kerja sesuai kebutuhan
|
- Kurangnya tenaga kerja yang ahli,
|
(Sumber. Analisis. 2013)
BAB IV
GAMBARAN PRODUK
1.
ANALISIS
PRODUK
- Deskripsi
Dalam menjalankan bisnis ini, kami memilih bidang
makanan. Makanan yang kami tawarkan adalah Burger Tempe, Kebab oncom,
Pizza Rendang, Bandrek Coklat, Bajigur Keju, dan Cendol cola. Kami memberi nama WestIndo agar orang-orang
penasaran dengan maknan yang kami jual yang namanya menarik perhatian.
- Perbandingan
Seperti yang telah dijelaskan bahwa perbedaan produk kami
dengan produk lain yang juga menjadi keunggulannya yaitu bentuk dan inovasi
serta tampilan produk yang lebih menarik dari produk lain yang sejenis.
BAB V
ANALISIS PERSAINGAN
Analisis
Pesaing/Kompetitor
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
Burger,
kebab, dan pizza yang isinya biasa (beef)
|
1.
Harga terjangkau
2.
Rasa dan kualitas sudah terstandar sehingga
masyarakat mudah mengenali, dan tidak perlu publikasi yang besar-besaran
|
1.
Rasa kurang
bervarian
2.
Menurut
para konsumen yang mencoba, produk (di beberapa tempat)
kurang higenis dari segi packaging disamping tidak ada inovasi
|
Kaki
Lima
|
1.
Terdapat
variasi rasa
2.
Hasil
produk yang bervarian sehingga menarik mata konsumen.
3.
Harga terjangkau
|
1.
Kurang higienis
|
(Sumber.
Analisis
kelompok. 2013)
A.
Pesaing
·
Pesaing
langsung
Pesaing langsung bagi produk kami
adalah mereka yang juga menjual jenis makanan Western meski tidak dipadukan dengan makanan
Indonesia dan dibentuk dengan
istimewa seperti halnya produk kami. Sebagaimana diketahui wilayah Jakarta Pusat terdapat berbagai stand atau penjual makanan begitu pula dengan makanan sejenis yang seringkali juga di jual di pinggir
jalan.
·
Pesaing
tidak langsung
Pesaing tidak langsung kami adalah
para penjual makanan ringan lainnya, meski memiliki produk yang berbeda namun
dengan semakin banyaknya pilihan jenis makanan yang ada di wilayah Jakarta
Pusat, tentunya akan mempengaruhi produk yang kami jual. Semakin banyak pilihan
memungkinkan berkurangnya keinginan calon konsumen untuk membeli produk yang
kami pasarkan.
BAB VI
STRATEGI HARGA
Berikut
merupakan rekapitulasi pembiayaan yang dibutuhkan untuk membuat makanan yang
kami jual:
A. Biaya Langsung
Hari, tanggal
|
Makanan
|
Bahan
|
Pembelian
|
|
Jumlah
|
Total harga
|
|||
19
Agustus 2013
|
(i)Burger Tempe
|
Roti
|
1 pack
|
Rp 10.000
|
Tempe
|
1 banjar
|
Rp 3.000
|
||
Margarin
|
1 bungkus
|
Rp 6.500
|
||
Tomat
|
Secukupnya
|
Rp 2.000
|
||
Daun selada
|
1 batang
|
Rp 3.000
|
||
Tepung bumbu
|
1 bungkus
|
Rp 2.500
|
||
Mayonaise
|
1 bungkus
|
Rp 5.000
|
||
Saus Tomat
|
1
bungkus
|
Rp 5.000
|
||
(ii)Kebab Oncom
|
Tepung terigu
|
½ Kg
|
Rp 4.500
|
|
Oncom
|
5 buah
|
Rp 3.000
|
||
Margarin
|
1 bungkus
|
Rp 6.500
|
||
Daun selada
|
1 batang
|
Rp 3.000
|
||
Mayonaise
|
1 bungkus
|
Rp 5.000
|
||
Saus tomat
|
1 bungkus
|
Rp 5.000
|
||
Bawang bombay
|
1 siung
|
Rp 1.000
|
||
(iii)Pizza Rendang
|
Tepung terigu
|
½ Kg
|
Rp 4.500
|
|
Ragi instan
|
1 Sch
|
Rp 1.000
|
||
Daging
|
¼ Kg
|
Rp 25.000
|
||
Bumbu rendang
|
Secukupnya
|
Rp 3.000
|
B.
Biaya
Operasional
Tabung Gas Rp 18.000
C.
Biaya
Kemasan
Dus kecil (isi 10) RP 5.000
Tabel Proyeksi Harga
Jual Produk
Biaya Bahan Baku (A)
|
(i)
|
37.000
|
(ii)
|
28.000
|
|
(iii)
|
33.500
|
|
Biaya Operasional
|
18.000
|
|
Biaya Kemasan
|
10.000
|
|
Modal
Kotor (A+B+C)
|
(i+ii+iii)
|
98.500
|
Modal @Bungkus
|
(i) (Rp37.000/8)
|
4.625
|
(ii) (Rp28.000/6)
|
4.600
|
|
(iii) (33.500/5)
|
6.700
|
|
Margin Keuntungan yang diinginkan 30%
|
(i)
|
1.390
|
(ii)
|
1.380
|
|
(iii)
|
2.100
|
|
Harga
Jual Pembulatan
|
(i)
|
6.000
|
(ii)
|
6.000
|
|
(iii)
|
8.500
|
|
BAB VII
KEUNGGULAN BISNIS
Ø What (Produk apa yang kita hasilkan)
Kami memproduksi sebuah produk makanan ringan dengan bahan baku tempe,
oncom dan tepung yang kami inovasikan dalam bentuk burger, kebab, dan pizza seperti
pada umumnya melainkan produk kami berupa makanan yang berasal dari luar tetapi
dipadukan dengan bahan baku asli Indonesia.
Ø Where (Dimana kami memproduksi dan mamasarkan produk ini)
Kami memproduksi produk ini di wilayah Jakarta Pusat. Pemasaran produk kami
nantinya akan dilakuakan road sale di
wilayah tersebut, karena
letaknya yang tidak terlalu jauh dari tempat produksi, yaitu
Pasar Sumur Batu.
Ø When (Kapan kami memulai Produksi produk ini)
Kami akan memulai produksi produk ini secepat yang kami bisa, setelah kami
selesai dalam pembuatan Business Plan serta selesai dalam melakukan pematangan
pengelolaan bisnis ini dan kami telah sebanyak 4 kali memproduksi dan berjualan
untuk melihat situasi pasar.
Ø Why (Kenapa kami memilih produk ini sebagai produk
perusahaan kami)
Kami berpikir bahwa sudah saatnya Indonesia mengelola sebuah bahan baku
yang berlimpah seperti tempe. Makanan
asli Indonesia yang mempunyai banyak manfaat dan kandungan yang berpengaruh
dalam tubuh kita. Oncom juga ada manfaatnya dalam tubuh kita walaupun ada
kekurangan gizinya.
.
BAB VIII
SEGMENTASI PASAR
Analisis Pelanggan
Target pasar atau segmentasi pasar yang kami tuju adalah lingkungan Pasar Sumur
Batu, Jakarta Pusat.
Segmen pasar terdiri dari 2 faktor :
- Faktor Geografis : Pasar Sumur Batu
- Faktor Demografis :
·
Usia : Semua usia
·
Jenis Kelamin
: Pria dan wanita
·
Agama : Semua agama
Bidikan pasar di sekitar Sumur Batu tersebut telah direncanakan secara cermat dan matang
karena berdasarkan analisa pasar yang ada, sekitar Sumur Batu merupakan ladang yang sangat potensial untuk membuka
bisnis baru khususnya di bidang makanan/kuliner. Karena banyak orang yang
melintasi jalan tersebut, baik yang remaja maupun yang dewasa biasanya lebih
menyukai makanan ringan sebagai cemilan sehari-hari saat santai serta dapat
pula sebagai alternatif makanan ringan sebagai penunda lapar saat perut
kosong/tidak sempat sarapan saat beraktivitas di pagi harinya.
Usaha
WestIndo ini merupakan usaha yang menjanjikan,
karena peminatnya yang hampir merata disetiap kalangan masyarakat atau siapa
saja bisa menikmatinya. Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah
masyarakat menengah ke bawah. Produk Kami ini disesuaikan dengan target pasarnya, oleh karena itu
harga produk dapat terjangkau/relatif murah. Segmen usia remaja dan dewasa pada
usaha ini sudah cukup banyak terutama di kota-kota besar sehingga pesaingnya
pun jauh lebih banyak.
BAB IX
GAMBARAN LOKASI
Data Perusahaan
Nama Perusahaan
|
: WESTINDO
|
Bidang Usaha
|
: Industri Rumahan
|
Jenis Produk/Jasa
|
: Makanan Ringan
|
Alamat Perusahaan
|
: Jalan Sumur Batu raya
|
Nomor HP
|
: 087782347735
|
Alamat E-mail
|
|
Bank Perusahaan
|
: Bank BRI
|
Bentuk Perusahaan
|
: Usaha Dagang
|
Berdiri Mulai
|
: Agustus 2015
|
BAB X
GAMBARAN RENCANA PROMOSI
Strategi Pemasaran
1. Survei
produk yang menjadi kompetitor produk sejenis maupun yang berbeda
2. Menawarkan langsung kepada konsumen
3. Menjual
secara road sale ke sekitar area
4. Mempromosikan
melalui social media
BAB XI
IDENTIFIKASI MANAJEMEN
Struktur Organisasi
Struktur organisasi sangat diperlukan untuk
mengidentifikasi peran dan tanggung jawab. Struktur organisasi yang baik,
pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan aktivitas kerja
dapat diwujudkan melalui kerja sama dengan koordinasi yang baik sehingga tujuan
dari bisnis tersebut dapat tercapai. Oleh karenanya kami memiliki struktur
organisasi sebagai berikut:
Ø Struktur Perusahaan
Tabel
1.4 Struktur Perusahaan
Pradika
Dytasari sebagai Ketua
|
Siti &
Vita sebagai Pemasaran
|
Niken
& Triana sebagai bagian Produksi
|
Selvia Fitri bagian Keuangan
|
(Sumber.Analisis. 2013)
Uraian Tugas
Ø Job description Ketua:
- Memimpin dan mengendalikan semua kegiatan usaha KAMI meliputi pelaksanaan kerja, evaluasi kerja,
- Menentukan prinsip, visi, dan misi perusahaan
- Merencanakan dan menyusun program kerja
- Bertanggung jawab atas semua kegiatan usaha
Ø Job description division production:
- Bekerja sama dengan manager keuangan dalam penyusunan rencana dan jadwal produksi
- Mengkoordinir dan mengawasi serta memberikan pengarahan kerja untuk menjamin kesinambungan dalam produksi
- Memonitor pelaksanaan rencana produksi
- Bertanggung jawab atas pengendalian bahan baku dan efisiensi pengunaan tenaga kerja, dan peralatan
- Melakukan riset harga produksi bersama divisi keuangan
- Menentukan harga jual produk bersama divisi keuangan
Ø Job description division marketing:
- Mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menyajikan data dan informasi pasar
- Membuat program pemasaran Sate Docil, meliputi : jejaring sosial, penetapan dan pengendalian harga, pemasaran, serta aspek lain yang berkaitan dengan pemasaran
- Menentukan segmentasi pasar dan melakukan analisis riset pasar
- Memahami kebutuhan konsumen/calon konsumen serta memberikan jalan keluar/solusi
- Memonitor kepuasan konsumen, mengevaluasi persaingan, serta mengidentifikasikan kecenderungan dan peluang pasar
- Mengendalikan kegiatan-kegiatan bidang keuangan
- Mengendalikan program dan pendapatan pengeluaran keuangan
- Merencanakan dan mengendalikan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan
- Mencatat setiap transaksi dan tugas administrasi lainnya
- Melakukan riset harga produksi bersama divisi produksi
- Menentukan harga jual produk bersama divisi produksi
Ø CEO
Posisi ini ditempati oleh Pradika
Dytasari. Dengan
pertimbangan ini memiliki kemampuan dalam membangun motivasi para anggota dalam
melakukan tugasnya, mempunyai pemikiran jangka panjang, seorang yang visioner
dan seseorang yang mampu menyatukan anggota.
Ø Divisi Produksi
Kepala divisi bagian produksi, dipimpin oleh Niken dan Triana. Niken dan Triana
dipilih untuk menduduki posisi ini
karena dinilai kompeten dan berpengalaman. Dengan mempercayakan mereka pada jabatan ini, kami yakin produksi barang yang
dilakukan oleh perusahaan kami berjalan lancar.
Ø Divisi Pemasaran
Bagian ini dipercayakan kepada Siti
dan Vita. Siti dan Vita adalah seseorang
yang menduduki posisi ini, memiliki sosok pribadi yang mudah bergaul,
bersemangat tinggi, mudah mempengaruhi orang lain, dan yang paling penting
pandai berkomunikasi serta banyaknya relasi yang ia punya. Berbagai kelebihan
yang ia miliki membuatnya mudah untuk memasarkan produk yang kita tawarkan sehingga berpeluang untuk memperoleh keuntungan
maksimal.
Ø Divisi Keuangan
Posisi sebagai kepala divisi bagian keuangan ditempati
oleh Selvia Fitri. Selvia
Fitri dipercaya untuk menempati bagian ini
karena keahliannya untuk membuat estimasi biaya dan segala sesuatu yang
berkaitan dengan hitung-menghitung, sudah tidak dapat diragukan lagi.
BAB XII
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis perusahaan WESTINDO
dengan produknya Burger Tempe, Kebab Oncon, dan Pizza Rendang sangat layak untuk dilanjutkan dan
dikembangkan lebih lanjut. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan
yaitu :
a. Perlunya varian rasa, terutama dengan harga terjangkau
b. Peningkatan
kualitas dari produk yang dihasilkan
sel kenal dita gak? nakx ARMY cilegon
BalasHapusbiasnya siapa sel?
BalasHapusterimakasih gan, telah berbagi informasi sekaligus ilmu seputar bisnis kuliner, yang dikenal sebagi bisnis yang tidak akan pernah kehabisan pelanggan sehingga menawarkan omset yang cukup menggiurkan.
BalasHapusartikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca..
Software Kasir Restoran